Astronaut AS, Rusia dan Uni Emirat Arab Tiba di Stasiun Ruang Angkasa

Avatar photo

- Editor

Sabtu, 4 Maret 2023 - 12:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Satu grup kru astronaut tiba di Stasiun Ruang Angkasa Internasional setelah berhasil mengatasi masalah pada salah satu pengait yang digunakan oleh wahana antariksa itu untuk menambat ke stasiun.

Menurut laporan kantor berita Associated Press, Kapsul SpaceX yang membawa empat astronaut harus menunggu pada jarak 20 meter dari laboratorium yang sedang mengorbit, sementara petugas pengontrol penerbangan berusaha mencari solusi perangkat lunak.

Masalah yang sama juga muncul tak lama setelah peluncuran pada Kamis (2/3). Meski semua 12 pengait pada kapsul tampak baik-baik saja, tetapi salah satu kaitannya tidak berfungsi.

Pengawas Misi SpaceX meminta agar para astronaut AS, Rusia, dan dari Persatuan Arab Emirat untuk mempertahankan pola yang sama selama dua jam.

Begitu perintah perangkat lunak baru dikirimkan, para astronaut menerima perintah untuk melanjutkan penambatan. Pada akhirnya, penambatan mengalami keterlambatan selama satu jam saat kapsul SpaceX dan stasiun ruang angkasa melayang 420 kilometer di atas pantai Somalia.

“Setelah mengambil jalan memutar, selamat datang di Stasiun Ruang Angkasa Internasional,” kata Misi Pengawas SpaceX melalui sambungan radio.

Kru yang baru sampai juga termasuk astronaut pertama dari negara Arab, Sultan al-Neyadi. Al-Neyadi adalah astronaut asal Uni Emirat Arab kedua yang mencapai ruang angkasa. Dia akan menjalani misi di ruang angkasa untuk periode yang diperpanjang.

“Saya senang sekali, bertemu teman lama di ruang angkasa, dan berkumpul seperti keluarga besar. Ini lah inti dari eksplorasi ruang angkasa,” kata al-Neyadi saat memasuki stasiun.

“UEA mengambil langkah besar untuk mendorong batasan-batasan eksplorasi ruang angkasa,” imbuhnya.

Anggota kru lainnya adalah Stephen Bowen dari Badan Penerbangan dan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administration/NASA). Bowen, pensiunan kru kapal selam Angkatan Laut AS, sudah terbang ke ruang angkasa tiga kali.

Selain Bowen, ada juga Warren “Woody” Hoburg, mantan peneliti Massachusetts Institute of Technology yang juga astronaut baru, dan Andrei Fedyaev, pensiunan Angkatan Udara Rusia. Seperti Woody, Fedyaev juga astronaut baru.

SpaceX meluncurkan empat astronaut untuk NASA pada Kamis (2/3) dari Kennedy Space Center di Florida. Penerbangan mereka sempat tertunda beberapa hari karena masalah teknis. [ft/ah]

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru