BELAJAR BERSAMA DI MUSEUM “Mengenal Ruang Koleksi Tuna Netra Museum Negeri Mpu Tantular”

Avatar photo

- Editor

Selasa, 6 Desember 2022 - 09:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Kegiatan BBM Belajar Bersama di Museum “Mengenal Ruang Koleksi Museum Negeri Mpu Tantular”, Kamis (24/11/2022). Plt. Kepala Museum Negeri MPU Tantular Ali Ma’ruf, S. Sos., MM. Penanggung Jawab Kegiatan menyatakan, sasaran kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai sejarah warisan budaya bangsa kepada generasi muda dan wujud upaya bentuk pelestarian bentuk dan hasil budaya masa lalu. Kegiatan ini menghadirkan para narasumber : Firdaus Sulistijawan, S. Sos., MP SSp (Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang), Anantya Wulandari, S. Sos., M. Si (UPT Rehabilitasi Bina Netra Malang), Acep Ovel Novari Beny (Ketua Divisi Disabilitas Laboratotium Lex Order/ Dosen Pendidikan Luar Biasa) UNESA.

Plt Kadisbudpar Jatim, Sinarto, S.Kar, MM dalam amanat yang disampaikan Plt. Kepala Museum Negeri MPU Tantular Ali Ma’ruf, S. Sos., MM. menyambut baik UPT Museum Negeri MPU Tantular, menyelenggarakan kegiatan ini.
“Dimana ada upaya agar museum tidak membedakan antara masyarakat pada umumnya dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan fasilitas pelayanan publik yang sudah disiapkan sejak tahun 2006 dengan menyajikan sebuah ruang khusus yang disesain dengan menyajikan koleksi-koleksi museum yang dilengkapi dengan informasi deskripsi koleksi dengan menggunakan huruf braille,” ungkapnya.

Pada Tahun 2006 Museum Mpu Tantular menyediakan Ruang Pameran Tuna Netra dengan menyajikan sebuah ruang khusus yang diperuntungkan bagi penyandang disabilitas tuna netra sekaligus dapat dinikmati oleh masyarakat pada umumnya. Dimana didalam ruang tersebut terdapat disajikan benda-benda koleksi museum seperti benda cagar budaya, arkeologi dan teknologi yang di lengkapi degan informasi koleksi menggunakan huruf braille.

Adanya museum yang bersifat inklusif bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (CRPD) yag dicanangkan oleh perseikatan bangsa-bangsa (PBB).

[ad_2]

BACA Selengkapnya KLIK DISNI

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru