BEM FEB UM Bekali Anggota Organisasi dengan LKMM-TD | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Selasa, 11 April 2023 - 14:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Kolonel ARH. Tri Sugiyanto, S.Sos., menyampaikan materi tentang “Konseptualisasi Jiwa Kritis dan Sikap Intuitif pada Sistem Kepemimpinan Organisasi pada LKMM-TD), Sabtu-Minggu (08-09/04) di Aula Gedung D10 lantai 4 FEB UM

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM (Universitas Negeri Malang) menggelar Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), Sabtu-Minggu (08-09/04) di Aula Gedung D10 lantai 4 FEB UM. Kegiatan ini merupakan acara tahunan untuk bekal berorganisasi selama satu tahun ke depan. 

Acara ini dihadiri Wakil Dekan I FEB UM, Dr. Satia Nur Maharani, SE, M.Sa., Ak., CSRS. Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd, M.M., Wakil Komandan Pusdik Arhanud, serta Perwakilan DPRD Kota Malang. Total jumlah peserta LKMM-TD adalah 84 peserta dari perwakilan setiap OPM maupun ONPM yang berada di bawah naungan FEB.

Wakil Dekan 1 FEB UM menekankan pentingnya memiliki keribadian yang kritis dan tegas.

“Kalian harus menjadi pribadi pencerah dan berani speak up. Kalian harus menjadi orang yang kritis, jangan takut ambil keputusan apapun setelah melakukan analisis dan kajian yang mendalam. Mahasiswa yang turut berperan sebagai agent of change sudah sepatutnya tidak melakukan sesuatu hanya karena mengikuti orang. Mahasiswa harus mengambil langkah yg optimal dari segi proses pembelajaran dan dari segi sosial,” tuturnya.

Diskusi LKMM-TD, Sabtu-Minggu (08-09/04) di Aula Gedung D10 lantai 4 FEB UM

Senada dengan WD 1 FEB,  Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd, M.M., berpesan kepada peserta untuk selalu memiliki empat poin penting dala organisasi, yaitu perencanaan, pengorganisasian, aksi, dan kontrol.

“Pemimpin itu harus cerdas, karena dia tidak hanya memimpin dirinya tetapi juga memimpin orang lain. Perlu diingat dalam manajemen ada empat poin terpenting, yakni planning, organizing, actuating, dan controlling,” ujarnya

Acara digelar selama dua hari dengan manyajikan tema “Orion Ophiuchus Realizing Critical, Adaptive, and Progressive Leadership at a Settlement to Wicked Problems in the Social Environment.  Peserta LKMM nampak aktif dalam forum pemecahan masalah. 

Sementara itu, Kolonel ARH. Tri Sugiyanto, S.Sos., menyampaikan materi tentang “Konseptualisasi Jiwa Kritis dan Sikap Intuitif pada Sistem Kepemimpinan Organisasi” dengan mewanti-wanti peserta untuk tetap mencari ilmu dan memperluas wawasan. 

“Pemimpin hendaknya tidak berhenti dalam memperluas wawasan karena ilmu itu tidak ada habisnya, tidak ada ujungnya, terus meluas, dan dinamis,” Pesannya.

Selanjutanya, materi kedua tentang “Revitalisasi Kredibilitas Diri sebagai Penguatan Etos Kerja secara Visioner” disampaikan oleh Amithya Ratnanggani, S.S., dari DPRD Kota Malang yang menyinggung perihal proses sebab-akibat pengambilan keputusan. Menurutnya Keputusan yang baik dan tepat adalah keputusan yang bisa dilaksanakan di lapangan organisasi kita dengan hasil optimal dan resiko yang paling minim. 

Acara ditutup oleh penyampaian materi ketiga mengenai “Administrasi dan Kesekretariatan dalam Berorganisasi” yang disampaikan oleh Bunga Purwitasari dan Dian Nadifa Savitri. Setelah itu, dibuka forum diskusi dan presentasi debat yang turut melatih berpikir kritis serta kemampuan berbicara para peserta LKMM-TD. Forum diskusi tersebut sekaligus menjadi bagian dari praktik materi-materi yang sudah disampaikan pada hari pertama dan kedua.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru