Fakultas Hukum Universitas Jember Luncurkan 9 Buku Karya Dosen – Universitas Jember | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Minggu, 2 April 2023 - 11:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Jember, 31 Maret 2022
Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember punya cara yang unik menunggu bedug adzan maghrib, yakni dengan meluncurkan sembilan buku karya dosennya. Istimewanya, peluncuran buku karya dosen FH Universitas Jember di gedung auditorium Fakultas Hukum dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Saldi Isra (31/3). Dalam sambutannya, Prof. Saldi Isra mendorong makin banyak dosen yang menulis, sebab menulis buku membuat posisi FH yang jauh dari pusat kekuasaan bakal “didengar”. Kedua, menulis buku “memaksa” dosen terus meneliti sehingga menghidupkan tradisi akademik di perguruan tinggi.


Guru besar di FH Universitas Andalas ini lantas memberikan contoh bagaimana tokoh seperti Plato atau Ibnu Sina yang sudah wafat ratusan bahkan ribuan tahun lalu, namun nama dan pemikiran mereka hingga saat ini masih dikaji. Mengapa ? Jawabannya karena mereka sudah menuangkan pemikirannya menjadi buku. Buku bak prasasti yang akan selalu dikenang oleh masyarakat. Khusus bagi mahasiswa Fakultas Hukum, kemampuan menulis adalah salah satu dari tiga kemampuan dasar selain kemampuan berbicara dan menyebarkan ide.


“Seperti yang disampaikan oleh filsuf Albert Camus, menulis bagi seorang penulis itu untuk menjaga keberlanjutan peradaban. Oleh karena itu saya di MK meneruskan tradisi ilmiah ini sehingga MK juga menerbitkan buku. Bahkan dalam rangka memperingati dua puluh tahun MK, saya dan kawan-kawan tengah menyiapkan buku tentang evaluasi perjalanan MK. Oleh karena itu saya mengapresiasi FH Universitas Jember yang sudah meluncurkan sembilan buku, tahun depan harus lebih banyak buku lagi karya dosen FH Universitas Jember yang akan terbit,” tutur Prof. Saldi Isra.


Kesembilan buku yang terbit diantaranya Politik Hukum Pidana Dalam Perlindungan Korban Kejahatan Ekonomi di Bidang Perbankan karya Prof. M. Arief Amrullah, Marginalization And Human Rights in SouthEast Asia karya Al Khanif Dkk, Filsafat Hukum Klasik karangan Prof. Dominicus Rato Dkk. Menurut Dekan FH Universitas Jember, Prof. Bayu Dwi Anggono, pihaknya menyediakan dana stimulus sebesar lima belas juta rupiah bagi dosen yang mau menulis buku.


Seusai seremoni peluncuran buku, digelar diskusi yang menghadirkan dosen dan penulis buku Prof. M. Arief Amrullah yang banyak menceritakan pengalaman menulis buku dan editor senior Raja Grafindo, Yayat Sri Hayati. Dalam pemaparannya, Yayat Sri Hayati menuturkan jika buku teks bagi mahasiswa adalah salah satu buku yang diminati, mengingat selalu dibutuhkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu pihaknya selalu mengambil langkah aktif mencari buku teks bermutu ke kampus-kampus, salah satunya ke Universitas Jember.


Sebelumnya juga digelar peluncuran Fakultas Hukum Universitas Jember sebagai anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) ke dua puluh lima di Indonesia. Menurut Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) KemekumHAM, Prof. Widodo Eka Tjahjana, dengan masuknya FH Universitas jember dalam sistem JDIH maka dosen dan mahasiswa bisa mengakses berbagai produk hukum di Indonesia. Sebab seluruh data dan informasi di JDIH bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Sementara itu FH Universitas Jember bisa menyumbangkan produk hukum ke JDIH.

“Kegiatan peluncuran sembilan buku karya dosen FH Universitas Jember sore hari ini menjadi bukti eksistensi FH Universitas Jember. Karya buku ini menjadi salah satu amal akademis kami selain sumbangsih lainnya. Kabar prestasi selanjutnya adalah jurnal ilmiah kami Jurnal Lentera Hukum sudah terindeks Scopus. Pencapaian ini emnjadi pemicu agar FH Universitas Jember makin berprestasi,” ujar Prof. Bayu Dwi Anggono. Tampak hadir dalam acara kali ini Rektor dan Wakil Rektor I Universitas Jember yang berkesempatan membuka acara. (iim)

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru