FISIP Gelar Seminar Election’s Talk Guna Sambut Tahun Politk | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Kamis, 6 April 2023 - 17:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Depok, 6 April 2023. Tahun 2024 Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi sekaligis memasuki 30 tahun reformasi politik di tanah air. Pertemuan dan konsolidasi politik dari para elite partai mulai terdengar dengan bermacam agenda. Pencalonan presiden dari partai-partai tersebut paling menyita perhatian publik, karena akan menandai sebuah perubahan atau keberlanjutan dari pemerintahan sebelumnya.

Untuk itu, Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) mengadakan serial diskusi seputar Pemilu 2024 bertajuk Election Talks ke-1 “Kemana Arah Politik Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024?” di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, pada Kamis (30/3). Selain membahas mengenai pemilihan umum, seminar ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam pendidikan politik.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, S.Sos, MBA., dalam pemaparannya menyampaikan merasa optimis dengan masa depan politik Indonesia ke depan ditandai dengan kepedulian mahasiswa terhadap nasib bangsa dan arah politik Indonesia di tahun 2024. Indonesia di tahun 2045 akan menjadi tahun besar memperingati 100 tahun kemerdekaannya.

Pada pelaksanaannya, kegiatan ini membahas tentang politik pencalonan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 yang mendiskusikan mengenai sudut pandang partai politik dalam pencalonan presiden dan wakil presiden serta dalam membangun koalisi politik dalam pencalonan presiden. Dr. Sri Budi Eko Wardani, M.Si selaku dosen Departemen Ilmu Politik FISIP UI mengatakan bahwa partai memiliki strategi dalam memutuskan calon. “Proses bagaimana partai menentukan koalisi bersama siapa, apakah penting untuk berkoalisi. Biasanya koalisi berdasarkan kesamaan historis, platform, dan sebagainya. Perlu forum untuk membicarakan apa saja tuntutan dari masyarakat. Sehingga, adanya forum seperti ini dapat digunakan untuk menjadi sarana pendidikan politik,” ujar Dr. Wardani.

Sementara itu, Pipin Sofyan sebagai salah seorang yang berkecimpung di dunia politik, ia mengatakan politik ke depan adalah politik gagasan, yang saling memperlihatkan track record dan prestasi kerja. “Partai harus siap dan saling menghormati demi Indonesia 2045 dan siap menampung aspirasi mahasiswa untuk menjalankan fungsi check and balances,” kata Pipin sebagai Juru Bicara Partai PKS. Bersama dengan Pipin, turut hadir sebagai narasumber Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M. dan Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP PKB/Ketua Fraksi PKB DPR RI, Dr. H. Cucun Ahmad Syamsurizal, M.Ag.

Kegiatan ini juga membahas mekanisme internal partai politik dalam proses pencalonan presiden/wakil presiden dan pembentukan koalisi politik. Selain itu, dibahas pula pengaruh dan kekuatan jaringan organisasi relawan politik dalam memengaruhi pencalonan presiden oleh partai politik; pendidikan politik bagi rakyat, khususnya pemilih pemula, dalam proses politik seleksi calon pemimpin nasional pada pemilu mendatang.

 

Artikel FISIP Gelar Seminar Election’s Talk Guna Sambut Tahun Politk pertama kali tampil pada Universitas Indonesia.

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru