FMIPA UNS Hadirkan Alumni Gelar Talkshow Tips Memperoleh Beasiswa LPDP | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Senin, 10 April 2023 - 15:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

UNS— Takmir Masjid Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) di bawah sub divisi Klub Beasiswa Komunitas Scientist Muslimah mengadakan talkshow muslimah scientist. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan sharing pengalaman kepada Mahasiswa FMIPA UNS.

Penanggung jawab kegiatan ini yaitu Dr. rer.nat Witri Wahyu Lestari M.Sc. yang merupakan dosen Prodi Kimia. Talkshow ini sudah diadakan dua kali dengan tema yang berbeda. Talkshow yang pertama bertema “Tips Pemerolehan Beasiswa PMDSU dan LPDP”, sementara talkshow yang kedua bertema “Tips Pemerolehan LPDP Luar Negeri”. “Beasiswa LPDP merupakan program bantuan dana pendidikan yang membiayai biaya kuliah dan biaya lainnya termasuk biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran studi di berbagai universitas di berbagai negara,” terang Dr. rer.nat Witri.

Talkshow kedua ini bertujuan memberikan tips beasiswa LPDP luar negeri kepada mahasiswi. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jum’at (31/3/2023) secara daring dengan dua narasumber yaitu Ilma Dwi Winarni S.Si, M. Sc dari BATAN (Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta) dan Dwi Ni’maturrohmah S.Si dari BPPT (BRIN Gunung Kidul) yang juga alumnus dari Prodi Kimia FMIPA.

Narasumber pertama yaitu Dwi Ni’maturrohmah. Ima sapaan akrabnya merupakan alumnus mahasiswa kimia UNS angkatan 2013, sekarang berkarier di BRIN dan Awardee LPDP di Leeds University, UK. Beliau membahas mengenai pengalaman mendaftar beasiswa LPDP. Beberapa tips dari Ima yaitu mengenali diri sendiri dengan cara mencari tahu bidang apa yang diinginkan, melakukan eksplor kampus sesuai minat dan cita-cita, membuat timeline, membuat skala prioritas, konsultasi dengan Awardee LPDP sebelumnya, serta melakukan manajemen waktu, pikiran, serta tenaga.

Narasumber yang kedua yaitu Ilma Dwi Winarni. Beliau merupakan alumnus Prodi Kimia FMIPA UNS angkatan 2012 sekarang berkarier di BRIN dan Awardee LPDP tahun 2020 lulusan program master dalam bidang Nuclear Chemistry dari Kyushu University, Jepang. Menurut Ilma berkarier merupakan kemajuan dalam kehidupan. Menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap muslim. Adapun alasan Ilma memililih beasiswa LPDP yaitu beasiswa sangat terkenal, relasi yang cukup kuat, dapat memiliki kategori yang sesuai, serta pembiayaan dilakukan sesuai jadwal. Ilma juga  memberikan tips and trick serta pengalaman dalam sesi wawancara.

“Untuk lolos beasiswa LPDP ini membutukan persiapan yang sangat matang terutama ceritifikat bahasa Inggris berupa IELTS, TOEIC sesuai standard Universitas yang didaftar, penulisan essay yang meyakinkan dan persiapan berkas yang lengkap. Disaat wawancara juga diperlukan keterampilan dan kemampuan menjawab reviewer berdasarkan fakta dan data-data yang sebaiknya sudah disiapkan sebelumnya dan wawasan kebangsaan/nasionalisme. Kejujuran dan kerunutan dalam menjawab pertanyaan sangat menentukan suksesnya wawancara dalam beasiswa ini,” terang Ilma. Di akhir presentasi dibuka sesi tanya jawab dan diskusi untuk lebih membuka wawasan mahasiswa dalam mempersiapkan keikutsertaan dalam pendaftaran beasiswa ini dan juga pengalaman bekerja setelah lulus nanti. Harapannya kegiatan semacam ini akan menjembatani mahasiswa dan alumni untuk menebar ilmu dan kesuksesan bersama. HUMAS UNS

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru