GeoEdu Series #4: Siapkan Mahasiswa dan Guru Inovatif Era Society 5.0 | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Selasa, 11 April 2023 - 12:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Kurikulum Merdeka yang mendorong terciptanya merdeka belajar merupakan kebijakan yang dirancang untuk membuat lompatan besar dalam aspek kualitas pendidikan. Hal tersebut bertujuan menghasilkan siswa dan lulusan yang unggul dalam menghadapi tantangan masa depan yang kompleks. Inti merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir dengan mendorong terbentuknya karakter berjiwa merdeka bagi guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana secara leluasa dan menyenangkan, juga dapat mengeksplorasi pengetahuan, sikap serta keterampilan dari lingkungan sekitar.  Implementasi kurikulum merdeka membawa transformasi pada pembelajaran di sekolah. Transformasi tersebut terjadi pada tiga aspek, yaitu konten, pedagogik, dan teknologi. 

Transformasi pembelajaran ini juga terjadi pada pembelajaran geografi. Transformasi pembelajaran geografi mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan era society 5.0. Oleh sebab itu, KBK Geography Education Innovative Departemen Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Webinar Nasional GeoEdu Series #4 dengan tema “Transformasi Pembelajaran Geografi pada Kurikulum Merdeka”. Kegiatan Webinar dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan jumlah peserta yang mendaftar sebesar 691. Peserta berasal dari beberapa kalangan sebesar 53,2 % dari mahasiswa baik UM atau luar UM, 41,4% berasal dari Guru seluruh Indonesia, 3,9% dari Dosen seluruh Indonesia, dan sisanya berasal 1,5% berasal dari konsultan dan karyawan. 

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (01/04). Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Dosen dan Praktisi Industri, yaitu Prof. Dr. Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si., (Guru Besar Pendidikan Geografi UM), Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd., (Dosen Geografi Universitas Negeri Jakarta), dan Danang Noeramarullah Yudhistira, S.Pd., M.Sc., (Trainer Startup Guruinovatif.id). 

Prof. Dr. Drs.Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si., mengulas terkait Analisis Materi Pelajaran Geografi Fase E. Dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., membahas terkait kecerdasan manusia. 

“Kecerdasan berasal dari kata cerdas yang bermakna pintar, cerdik, cepat  tanggap dalam menghadapi masalah, dan cepat memahami keterangan yang didengar. Kecerdasan menjadi kesempurnaan dalam perkembangan akal budi. Kecerdasan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah yang dihadapi yang menuntut kemampuan dalam berpikir” jelas Dosen Geografi Universitas Negeri Jakarta.

Danang Noeramarullah Yudhistira, S.Pd., M.Sc menyebutkan beberapa poin yang terkandung dalam Kurikulum Merdeka. “Apa saja sih yang ada di Kurikulum Merdeka? Pertama, profil pelajar pancasila. Kedua, pembelajaran berdiferensial. Ketiga, pertanyaan pemantik. Keempat, assessment” Tutur Trainer Startup Guruinovatif.id.

Dilaksanakannya webinar ini diharapkan guru, calon guru, dan siswa lebih siap dalam menghadapi transformasi pembelajaran sehingga menghasilkan kualitas lulusan yang unggul dalam menghadapi tantangan era society 5.0.

Pewarta: Hania Nuha Tsabita 

Editor: Nahdiatul Affandiah 

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru