Jangan Salah, Simak Dulu Perbedaan Pemasaran dan Penjualan!

Avatar photo

- Editor

Jumat, 24 Februari 2023 - 16:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]


Halo Be-emers! Kita semua pasti sudah tidak asing dengan istilah pemasaran dan penjualan. Namun, tahukah kalian bahwa kedua hal ini sebenarnya berbeda? Meskipun terkait erat satu sama lain, ada beberapa perbedaan mendasar antara pemasaran dan penjualan. Yuk, simak sampai habis!

Pertama-tama, mari kita bahas apa itu pemasaran. Pemasaran adalah suatu proses yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Dalam pemasaran, fokus utama adalah pada pengenalan merek, produk atau jasa, serta bagaimana caranya agar produk atau jasa tersebut lebih menarik di mata konsumen.

Para ahli pemasaran menggunakan berbagai macam strategi dan teknik, seperti riset pasar, iklan, publisitas, promosi penjualan, hingga branding, untuk mencapai tujuan mereka.

Dengan kata lain, pemasaran merupakan suatu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa ke pasar dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan minat konsumen, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Sementara itu, penjualan adalah suatu proses yang melibatkan penawaran produk atau jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk menjual produk atau jasa tersebut. Dalam penjualan, fokus utama adalah pada kegiatan menjual produk atau jasa yang sudah dikenal oleh konsumen.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan 5 Digital Marketing Tools Ini!

Para ahli penjualan menggunakan berbagai macam teknik dan strategi, seperti follow-up penjualan, pembentukan hubungan dengan pelanggan, dan pembangunan keyakinan terhadap produk untuk memastikan bahwa produk tersebut terjual.

Dengan kata lain, penjualan adalah bagaimana cara mengonversi minat konsumen menjadi transaksi penjualan. Nah, sekarang mari kita bahas perbedaan mendasar antara pemasaran dan penjualan.
 

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Ada beberapa perbedaan mendasar antara dua hal ini. Berikut uraiannya!
 

1. Fokus Berbeda

Fokus utama pemasaran adalah memperkenalkan produk atau jasa ke pasar dan meningkatkan kesadaran merek, sedangkan fokus utama penjualan adalah pada kegiatan menjual produk atau jasa yang sudah dikenal oleh konsumen.
 

2. Waktu Pelaksanaan Berbeda

Proses pemasaran berlangsung sebelum produk atau jasa diluncurkan ke pasar, sedangkan penjualan terjadi setelah produk atau jasa diluncurkan ke pasar.
 

Baca Juga:

17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers

Presenter Berita Virtual AI Hadir di Tanah Air, Masyarakat Siap?

3.Strategi dan Teknik yang Digunakan Berbeda

Pemasaran melibatkan riset pasar, iklan, publisitas, promosi penjualan, branding, dan lain-lain. Sedangkan penjualan melibatkan follow-up penjualan, pembentukan hubungan dengan pelanggan, dan pembangunan keyakinan terhadap produk.
 

4. Tujuan Berbeda

Pemasaran bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan minat konsumen, dan meningkatkan penjualan, sedangkan penjualan bertujuan untuk mengonversi minat konsumen menjadi transaksi penjualan.

Baca Juga: Marketing Ala Emily in Paris!
 

5. Tim yang Terlibat Berbeda

Tim pemasaran terdiri dari ahli-ahli pemasaran yang memiliki tugas untuk memperkenalkan merek, produk atau jasa ke pasar. Sedangkan tim penjualan terdiri dari ahli-ahli penjualan yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa tersebut.

Jadi, apakah pemasaran dan penjualan sama pentingnya? Tentu saja! Meskipun keduanya berbeda, keduanya saling melengkapi dan sangat penting untuk keberhasilan bisnis.

Pemasaran yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek dan membuat produk atau jasa lebih menarik di mata konsumen, sehingga membuat proses penjualan lebih mudah.

Sementara itu, penjualan yang efektif dapat membantu menghasilkan pendapatan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan citra merek dan membawa lebih banyak pelanggan ke bisnis.

Jadi, itulah perbedaan mendasar antara pemasaran dan penjualan. Meskipun keduanya berbeda, keduanya sama-sama penting untuk kesuksesan bisnis.

Pemasaran membantu memperkenalkan produk atau jasa ke pasar dan meningkatkan kesadaran merek, sedangkan penjualan membantu mengonversi minat konsumen menjadi transaksi penjualan.

Keduanya melibatkan strategi dan teknik yang berbeda, dan tim yang terlibat juga berbeda. Jadi, jika kamu ingin memulai bisnis, pastikan untuk memperhatikan keduanya dan mengembangkan strategi yang tepat untuk keduanya agar bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.



[ad_2]

BACA Selengkapnya KLIK DISNI

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru