Keikutsertaan Sekolah Vokasi UGM dalam Hannover Messe 2023 – Sekolah Vokasi UGM | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Sabtu, 15 April 2023 - 10:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Dirjen Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc. pada Kamis (13/04) mengadakan temu media bersama dengan para perwakilan Indonesia yang akan maju memamerkan hasil karya teknologi industrinya di ajang pameran industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman pada tanggal 17-21 April 2023. Salah satu perwakilan Indonesia yang ikut serta dalam pameran bergengsi skala internasional ini adalah Sekolah Vokasi UGM yang memamerkan Teknologi Pendeteksi Keretakan Kampas Rem dengan Bantuan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)  dan IRV (Intelligent Railway Vibration Monitoring System/IRV-MS).

Indonesia  menjadi Official Partner Country Hannover Messe untuk yang ketiga kalinya, dan tahun ini Indonesia mengambil peluang tersebut dengan memamerkan sejumlah teknologi industri karya anak bangsa utamanya Pendidikan Vokasi agar negara lain dapat melihat transformasi pendidikan yang terjadi di Indonesia. “Kami ingin menunjukkan bagaimana transformasi pendidikan vokasi melalui kebijakan Merdeka Belajar di Indonesia mampu menyiapkan SDM unggul dan menghasilkan inovasi produk unggulan dari kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan juga industri,” ucap Dirjen Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc. pada temu media tersebut. Diketahui bahwa melalui Hannover Messe 2023, Indonesia akan kembali menampilkan sejumlah teknologi industri 4.0 dan peluang investasi sektor industri dari 157 co-exhibitors

Pada kesempatan ini, Sekolah Vokasi UGM menjadi salah satu partisipan yang turut serta memamerkan karya teknologi industrinya pada Hannover Messe 2023. Sekolah Vokasi UGM memamerkan  sebuah teknologi industri yaitu Teknologi Pendeteksi Keretakan Kampas Rem dengan Bantuan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)  dan IRV (Intelligent Railway Vibration Monitoring System/IRV-MS). Teknologi ini digagas oleh Dr. Eng. Agustinus Winarno, M.T., M. Eng., dosen prodi D4 Teknologi Rekayasa Mesin, Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi UGM, bersama dengan tim dosen dan mahasiswa. Sistem ini adalah sistem untuk mengukur dan memantau kondisi kendaraan kereta api dan lintasan. Fitur yang ada dalam platform ini adalah identifikasi penyimpangan lintasan, cacat lintasan, kenyamanan berkendara dan lain-lain untuk pemeliharaan prediktif. Sistem ini bekerja dalam jaringan seluler GSM untuk menyediakan data yang real-time dan dapat diandalkan untuk platform Machine Learning dan IOT yang siap mendukung sistem. Pengukuran dan pemantauan dapat dilakukan melalui website secara real-time, selain menampilkan heatmap yang mengindikasikan kerusakan, terdapat fitur untuk memvisualisasikan data audio dan vibrasi pada titik heatmap itu sendiri. Teknologi industri ini sudah melewati beberapa tahap akurasi dan rekognisi sehingga layak untuk dipamerkan dalam ajang bergengsi seperti Hannover Messe 2023 ini.

 Dr. Eng. Agustinus Winarno, M.T., M. Eng. dalam wawancara bersama Tim Humas Sekolah Vokasi UGM menyampaikan bahwa “Semangatnya sama yaitu  mempromosikan kepada Jerman dan dunia bahwa Indonesia memiliki ekosistem kolaborasi antara pendidikan vokasi dengan industri yang erat. Bukti nyatanya yaitu mesin Teknologi Pendeteksi Keretakan Kampas Rem dengan Bantuan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)  dan IRV (Intelligent Railway Vibration Monitoring System/IRV-MS). Selain itu, ada juga teknologi pendeteksi keretakan kampas rem yang kami bawa ke Jerman dan sudah dilengkapi robot dan AI. Mesin ini merupakan satu-satunya di PT Akebono, perusahaan pembuat kampas rem terbesar di Jepang dan di Indonesia,”. Adapun harapan yang disampaikan oleh Dr. Eng. Agustinus Winarno, M.T., M. Eng. yaitu dengan semakin eratnya kolaborasi antara pendidikan vokasi dan industri, akan semakin memperluas potensi Sekolah Vokasi UGM dalam menyongsong revolusi industri 4.0 dan merealisasikan Kampus Merdeka.

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta

Editor : HUMAS SV UGM

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru