Kolaborasi Prodi S-1 PBSI dan Prodi S-2 PBI FKIP UNS Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Senin, 27 Maret 2023 - 16:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

UNS — Program Studi (Prodi) Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Prodi Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UNS berkolaborasi bersama menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring bertempat di Aula Gedung G Lantai 3 FKIP UNS pada Senin (20/3/2023).

Kegiatan pelatihan dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Slamet mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan ruang yang luas untuk saling belajar yang difasilitasi oleh Prodi S-1 PBSI FKIP UNS dan Prodi S-2 PBI FKIP UNS. Lebih lanjut, ia juga berpesan kepada peserta pelatihan untuk membudayakan riset dan menulis.

“Satu kata yang harus diraih oleh mahasiswa dalam sebuah persaingan adalah menang. Untuk meraih kata tersebut, mahasiswa memerlukan roda yang disebut riset dan menulis. Setiap kebijakan diambil berdasarkan riset. Riset dan menulis ini pekerjaan yang tidak mudah dan merupakan budaya berbahasa aktif. Ada sistematisasi dan isi yang menjadi tantangan dan peluang bagi mahasiswa. Maka, buatlah lompatan dari standar yang sudah ditentukan. Ciptakan curriculum vitae yang excellent dari riset dan menulis,” ujar Prof. Slamet.

Dimoderatori oleh Dasa Oktaviani dan Iqbal Syahrul Akbar Al Aziz yang merupakan Mahasiswa Prodi S-2 PBI FKIP UNS, pelatihan ini menghadirkan 2 narasumber. Narasumber pertama adalah Dr. Memet Sudaryanto, M.Pd. Beliau merupakan Dosen Prodi S-1 PBI Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Dalam pemaparannya, Dr. Memet memaparkan materi bertajuk “Beberapa Hal yang Sering Terlewat dalam Menulis Artikel”. Ia memulai materi dengan menjelaskan 8 hal penting dalam menulis. Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengenai aturan dalam menulis tiap bagian pada artikel.

“Ada 8 overview atau hal penting yang harus diperhatikan sebelum menulis, yaitu tentukan topik terkini dan terbaru, kaji jurnal yang akan dituju, minimalkan kemiripan naskah, gunakan Mendeley-Zotero untuk memudahkan dalam proses sitasi, jangan ragu melakukan kajian antarbab, modifikasi merupakan pembaruan dari segi ide, latar belakang, kajian, dan metode yang terkini, topik kompleks metode kompleks, serta topik sederhana metode kompleks,” jelas Dr. Memet.

Narasumber kedua adalah Dr. Evi Chamalah, M.Pd. Dr. Evi merupakan Dosen Prodi S-1 PBSI FKIP Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Beliau memaparkan materi mengenai “Hasil Reviu Artikel dan Simulasi Submit”. Dalam materi tersebut, ia mendemonstrasikan proses submit artikel pada Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Unissula. Usai sesi pemaparan materi, pelatihan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa

Redaktur: Dwi Hastuti

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru