Kultum Rektor UM: Bulan Ramadhan Waktunya Meningkatkan Produktifitas | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Selasa, 28 Maret 2023 - 10:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan Shalat Isya secara berjamaah diikuti dengan Shalat Tarawih. Pada tanggal 22 Maret 2023, Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd bertindak sebagai penceramah. Tema kuliah tujuh menit yang dibawakan oleh Rektor UM adalah bulan Ramadhan sebagai sarana meningkatkan produktifitas.

Pertama, Rektor UM menyampaikan pesan bahwa berpuasa bukan alasan untuk tidak produktif. “Tidurnya orang puasa adalah ibadah”, harus dimaknai secara komprehensif. Dikarenakan bunyi lengkapnya adalah “Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni” (HR Baihaqi). Maknanya, jika tidurnya saja ibadah apalagi bekerjanya, dikarenakan bekerja merupakan bagian dari ibadah.

Kedua, Rektor UM menyampaikan pesan bahwa berpuasa itu menjadikan sehat. Rektor UM menjelaskan bahwa: (1) sudah banyak penelitian yang memberikan hasil bahwa berpuasa itu menyehatkan, (2) Ada beberapa fenoma ironis yang saat ini menjangkiti masyarakat moderen di Indonesia yakni pada masa sekarang banyak orang sakit karena kebanyakan makan dan minum, berbeda dengan masyakat pra kemerdekaan yang sering sakit karena kelaparan.

Ketiga, Rektor UM berharap bahwa di masa depan 10-15 tahun kedepan akan banyak penelitian dari mahasiswa, dosen dan alumni UM. Rektor berharap penelitian tentang makna puasa diikuti dengan manfaatnya dari sudut pandang ilmu kedokteran, biologi dan berbagai macam disiplin keilmuan lainnya bisa dilaksanakan dan dihasilkan, sehingga menjadi temuan-temuan baru yang membawa khzanah keilmuan. Hikmah ini sudah ada diketahui dan dilaksanakan oleh Rasullullah SAW, sejak abad 6 Masehi di Jazirah Arab, yang terkandung dalam Haddist Rasullullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurrairah “Berpuasalah agar kamu menjadi sehat”.

Kegiatan kemudian dilanjutkan Shalat Tarawih 20 Rakaat dan 3 rakaat witir, diikuti niat berpuasa Ramadhan hari pertama. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa internasional UM dari Tajikistan.

Penulis: Ferril Irham Muzaki

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru