Libur Lebaran Ngapain? Yuk, Nonton Film Biopik Buya Hamka Aja!

Avatar photo

- Editor

Senin, 17 April 2023 - 17:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]


Halo Be-emers! Lebaran sebentar lagi, nih. Ada yang suka menghabiskan libur lebaran dengan menonton film di bioskop bersama keluarga? Ada film menarik yang bisa jadi pilihan kamu, nih!

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran adalah momen kemenangan yang syahdu setelah sebulan penuh dilatih untuk menahan hawa nafsu.

Saat lebaran, semuanya saling meminta maaf dan berkumpul dalam suasana  kehangatan. Momen kumpul dengan keluarga salah satunya bisa dilakukan dengan nonton film bioskop.

Fillm “Buya Hamka” menjadi pilihan yang pas untuk ditonton bareng keluarga atau teman karena selain menghibur, kita dapat merasakan perjalanan sang tokoh besar Indonesia, Buya Hamka, yang pasti penuh dengan kisah inspiratif.

Film biopik yang direncanakan tayang pada tanggal 19 April 2023 ini, disutradarai oleh Fajar Bustomi dan dibintangi oleh Vino G. Bastian sebagai Buya Hamka, Laudya Cynthia Bella sebagai Sitti Raham (istri Buya Hamka), serta beberapa aktor dan aktris papan atas lainnya.

Baca Juga: Kerennya Park Seo Joon di The Marvels! Jadi Karakter Apa Ya?

Sekilas Tentang Buya Hamka

Haji Abdul Malik Karim Amrullah, yang lebih dikenal dengan nama Buya Hamka, lahir pada tanggal 17 Februari 1908 di Sungai Batang, Maninjau, Sumatera Barat.

Ia merupakan anak dari pasangan Karim Amrullah dan Sitti Shafiyah. Sejak kecil, Buya Hamka telah menunjukkan bakat dan minatnya dalam bidang keagamaan, sehingga ia belajar agama Islam dari ayahnya sejak usia dini.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, Buya Hamka melanjutkan pendidikan di sekolah agama Islam di Bukittinggi dan Padang Panjang.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan di sekolah Belanda di Padang, dan pada tahun 1926 ia pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Guru (Kweekschool) dan Sekolah Lanjutan Tinggi (Hogere Burgerschool).

Setelah lulus dari Sekolah Guru pada tahun 1928, Buya Hamka memutuskan untuk menjadi seorang guru di kampung halamannya, Maninjau.

Baca Juga:

Rekomendasi Film Bisnis untuk Temani Weekend Kamu!

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Alan Walker Rilis “Hero” Jelang Tampil Di Formula E 2023

Festival Musik MyFest.id Hadir Di Bandung Awal Juli 2023

Namun, ia merasa bahwa tugasnya sebagai guru tidaklah cukup untuk memenuhi ambisinya dalam bidang keagamaan. Oleh karena itu, pada tahun 1932, ia memutuskan untuk berangkat ke Mekah untuk menuntut ilmu agama.

Di Mekah, Buya Hamka memperdalam ilmu agama Islam dengan berguru kepada para ulama terkemuka. Selama di sana, ia juga mengadakan perjalanan ke berbagai negara di Timur Tengah untuk mempelajari sejarah Islam.

Baca Juga: 8 Film Hollywood yang Tayang di 2023, Layak Ditunggu!

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Mekah, Buya Hamka kembali ke Indonesia pada tahun 1939 dan mulai aktif sebagai seorang ulama dan penulis.

Karir penulisannya dimulai dengan menerjemahkan kitab-kitab agama Islam ke dalam bahasa Indonesia, seperti “Ibnu Hasyim” dan “Al-Ghazali”.

Pada tahun 1941, ia menerbitkan buku pertamanya yang berjudul “Pemuda dan Hidup”. Buku ini menjadi terkenal dan memunculkan kesadaran nasionalisme di kalangan pemuda pada masa itu.

Selama hidupnya, Buya Hamka banyak menulis buku-buku tentang Islam, sejarah, dan sastra. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain “Tafsir Al-Azhar”, “Ayahku”, “Di Bawah Lindungan Ka’bah”, dan “Tenggelamnya Kapal Van der Wijck”.

Ia juga aktif dalam berbagai organisasi Islam, seperti Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia. Pada tahun 1953, Buya Hamka mendirikan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, yang kini menjadi salah satu universitas Islam terkemuka di Indonesia.

Buya Hamka wafat pada tanggal 24 Juli 1981 di Jakarta, meninggalkan warisan intelektual dan keagamaan yang besar bagi masyarakat Indonesia.

Nah, ingin tau dan merasakan kisah inspiratif sang Buya Hamka? Jangan lupa nonton filmnya yaa, Be-emers!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.



[ad_2]

BACA Selengkapnya KLIK DISNI

Berita Terkait

Euforia Moon Fest 2.0: Pecinta Musik Tangerang Nikmati Sensasi Konser Tanpa Batas!
Harga Tiket dan Final Lineup Muda Mudi Fest 1.0: Tiket Terbatas, Buruan Dapatkan!
Tuduhan Penipuan dan Penggelapan, Komedian Yadi Sembako Dilaporkan ke Polres Tangsel
12 Orang Pemeran Film Dewasa Jalani Pemeriksaan Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya
Kasus Produksi Film Dewasa, Besok 16 Orang Pemeran Pria dan Wanita akan Jalani Pemeriksaan Polisi
Kenapa Banyak Artis Korea Enggak Punya Media Sosial?
Rekomendasi Film Bisnis untuk Temani Weekend Kamu!
Alan Walker Rilis “Hero” Jelang Tampil Di Formula E 2023
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru