Makara Art Center Didukung Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristekdikti dan Kemenag Selenggarakan Syiar Ramadan di Kampus UI | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Rabu, 5 April 2023 - 15:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Dalam rangka bulan suci Ramadan tahun ini, Universitas Indonesia (UI) melalui Makara Art Center (MAC), Masjid Ukhuwah Islamiyah, Asrama UI, Direktorat Kemahasiswaan, didukung oleh Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud Ristekdikti dan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengadakan event bernuansa religi, yakni “Syiar Ramadhan” di Kampus UI Depok.

Event ini akan diisi berbagai kegiatan seni budaya, diantaranya pameran kaligrafi dan sosialisasi produk halal. Dalam kegiatan ini para pengunjung tidak hanya disajikan lukisan kaligrafi Arab yang indah, tetapi juga akan mendapat pelayanan konsultasi untuk mengurus sertifikat halal dari Kementrian Agama RI. Untuk meningkatkan skill kesenian mahasiswa, dalam event ini juga diselenggarakan workshop kaligrafi dan seni baca Al-qur’an yang dapat diikuti seluruh sivitas akademika UI.

Selain itu, akan ada lomba seni antar mahasiswa se-Indonesia. Cabang seni yang dilombakan adalah kaligrafi, cipta puisi religi dan video pendek tentang tradisi berpuasa di berbagai daerah. Sarasehan dengan tema “Spirit Ramadan Sebagai Energi Merawat Keberagaman dan Merajut Perbedaan untuk Mewujudkan Kemaslahatan”.

Sarasehan ini akan menghadirkan narasumber; Dr. KH. Cholil Nafis (Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI), Sha Inne Febrianti (Artis dan ativis pendidikan Anak) dan Bastian Zulyeno, M.A., Ph.D (Kaprodi Sastra Arab FIB UI).

Kegiatan lain yang menjadi rangkaian event Syiar Ramadan adalah “Ngabuburit Budaya” yaitu perbincangan budaya dari berbagai komunitas seni baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat. Selain itu juga ada “Tadarus seni” yaitu penampilan seni budaya dari artis ibu kota maupun sivitas akademika UI, diantaranya Budi Cilok, Tunas Muda, Iweng MJC, Liga tari UI, gamelan Shalawat mahasiswa UI dan grup hadrah putri dari PP Al-Hikam serta rebana PLK UI.

Menurut Dr. Ngatawi AL-Zastrouw, Kepala MAC UI, Ramadan bukan hanya ritual agama, tetapi telah menjadi peristiwa budaya yang dapat menyatukan berbagai keragaman yang ada di negeri ini. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan masyarakat dengan latar belakang tradisi dan agama yang berbeda dalam aktivitas Ramadan.

“Kehadiran Ramadan tidak hanya membahagiakan umat Islam, tetapi seluruh warga bangsa dapat merasakan suka-cita karena hadirnya bulan suci ini. Ramadan membuktikan spirit Islam yang rahmatan lil’alamin,” ujar Zastrouw.

Event ini dibuka pada 7 April dan berakhir 9 April 2023. Meskipun demikian, rangkaian kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 3 April 2023. Tidak hanya untuk sivitas akademika UI, event ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Para pelajar, komunitas seni budaya maupun para seniman di luar UI dapat menghadiri event ini.

Artikel Makara Art Center Didukung Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristekdikti dan Kemenag Selenggarakan Syiar Ramadan di Kampus UI pertama kali tampil pada Universitas Indonesia.

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru