MEGATRUH SOUNDSYSTEM Ledakkan Dua Single Kolaborasi

Avatar photo

- Editor

Kamis, 6 April 2023 - 10:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

South Jakarta – MEGATRUH SOUNDSYSTEM merupakan proyek musik dari Ari Hamzah, Arumtaka, dan Kiki Pea. Ketiga kawanan ini sebelumnya dikenal bermain musik di grup yang berbeda. Ari Hamzah adalah drummer band Pop Punk, Fun As Thirty yang juga mantan personel Endank Soekamti. Kiki Pea dikenal sebagai vokalis band Rockabilly, Kiki & The Klan, dan band Rock bernama Roket. Sementara Arumtaka, selain menjadi disc jockey di beberapa tempat Ago-Go, juga bermain kibor di Rendramahatma dan beberapa band lain, di antaranya ERWE yang memainkan Ska Rock.

Dilihat dari latar belakang personelnya, MEGATRUH SOUNDSYSTEM justru tidak memainkan Pop Punk, Rockabilly, atau Techno, namun mengadopsi elemen musik Jamaika, yakni Reggae, Ska, hingga Dub untuk eksplorasi bunyi dan teks-teks yang ingin disampaikan ke publik. Sebagai ledakkan pertama, pada 24 Maret 2023 lalu, trio ini meluncurkan single berjudul “PETRUS”.

Di single ini MEGATRUH SOUNDSYSTEM menggandeng SkinheadBop untuk mengisi vokal. SkinheadBop juga dikenal sebagai gitaris band HC Punk, Something Wrong, dan band Oi! Bernama The Glad. Lagu “PETRUS” mengajak pendengar menilik kembali ke zaman ORDE BARU yang mewariskan banyak hal; pembangunan sana-sini, Repelita, Swasembada Pangan, ABRI Masuk Desa, dsb, termasuk korupsi, kolusi, nepotisme yang menggurita, dan pembantaian massal.

Lewat irama Ska Punk, tembang mukadimah ini menguak kembali satu di antara banyaknya tragedi berdarah di era Soeharto. Aksi “PETRUS” telah menghabiskan ratusan nyawa, dan Jogja jadi kota pertama target operasi. Hingga kini pelaku aksi brutal terstruktur dan massif ini masih menjadi misteri.

“Kejahatan struktural (yang dilakukan negara), dianggap bukan kriminal!”

Bait di atas masih marak dan mendarah daging hingga hari ini, coba lihat kasus para oknum pejabat daerah, pegawai pajak, pemungut cukai, oknum aparat, dsb.

ARTWORK_MEGATRUH SOUNDSYSTEM_NUH BREAD SOUND

 

ARTWORK_MEGATRUH SOUNDSYSTEM_PETRUS

 

NUH BREAD SOUND

Tanpa menunggu lama, seminggu kemudian, 31 Maret 2023, MEGATRUH SOUNDSYSTEM kembali meleledakkan peluru bertajuk “NUH BREAD SOUND”. Kali ini mereka berkolaborasi dengan ASET NEGARA SISTEM SUARA. Single ini adalah kolaborasi dua kota JKT-YK yang dinyanyikan dengan gaya Patwa Jamaika, sebuah bahasa kreol berbasis bahasa Inggris dengan pengaruh Afrika Barat yang diucapkan oleh mayoritas warga Jamaika. “NUH BREAD SOUND” ini juga menjadi semacam “kulonuwun” MEGATRUH SOUNDSYSTEM, khususnya di skena yang mengusung Jamaican Music (Reggae, Ska, Dub, Rocksteady, etc).

ASET NEGARA SISTEM SUARA adalah duo Sound System asal Jakarta yang berisikan Jenggo (Sing Jay, Toasting) dan Boriez Got Soul (Riddim). Terbentuk pada tahun 2019, duo ini memainkan reggae klasik dari era tahun 60’s- 80’s dengan kombinasi Dub dalam format Sound System.

Sound System sendiri adalah kultur asli Jamaika yang lahir pada akhir 50an dan berkembang secara “recording industry” di era 70an dimana seorang Deejay membuat musik atau riddim kemudian di isi dengan gaya bernyanyi yang disebut toasting atau singjay.

TENTANG MEGATRUH SOUNDSYSTEM

Nama Megatruh sendiri memiliki banyak tafsir, baik secara makna maupun bunyi. Dikutip dari filosofi Jawa, MEGATRUH merupakan salah satu tembang macapat yang menggambarkan kondisi manusia saat sakaratul maut. Kata MEGATRUH berasal dari kata megat/pegat (berpisah) dan ruh, yang artinya berpisahnya antara jiwa dan raga.

Sementara secara bunyi, Megatruh terdengar seperti band thrash metal Amerika yang dipimpin oleh Dave Mustaine, MEGADETH. Secara makna, MEGADETH berarti kematian massal/holocaust umat manusia akibat senjata nuklir. Sementara MEGATRUH adalah bagaimana manusia mengenal jalan kematiannya. Namun jika dibaca dengan aksen Inggris, MEGA=Besar/Akbar, TRUH=Truth/Kebenaran/Haqq. Maka MEGATRUH adalah Kebenaran yang Besar, karena tak ada kebenaran yang paling nyata selain kematian atau kondisi MEGAT-RUH itu sendiri.

Secara tradisi, karakter dari tembang macapat Megatruh ini adalah cerita yang mengandung rasa penyesalan, prihatin, dan kesedihan. Meskipun tidak menembangkan tembang-tembang Jawa klasik, namun kebanyakan lirik MEGATRUH SOUNDSYSTEM bercerita tentang kisah kriminal, kematian yang tragis, pembunuhan massal, kisah gangster, dan sebagainya, namun di sisi lain, MEGATRUH SOUNDSYSTEM juga bernyanyi tentang romantika remaja dan gelora pergaulan anak muda.

Secara musikal, MEGATRUH SOUNDSYSTEM mengadopsi elemen musik Jamaika, yakni Reggae, Ska, hingga Dub untuk eksplorasi bunyi dan teks-teks yang ingin disampaikan ke publik. Nyaris di setiap rilisannya, proyek musikal ini berkolaborasi dengan para musisi lintas genre dan seniman lintas disiplin.

(SPR)



[ad_2]

BACA Selengkapnya KLIK DISNI

Berita Terkait

Euforia Moon Fest 2.0: Pecinta Musik Tangerang Nikmati Sensasi Konser Tanpa Batas!
Harga Tiket dan Final Lineup Muda Mudi Fest 1.0: Tiket Terbatas, Buruan Dapatkan!
Tuduhan Penipuan dan Penggelapan, Komedian Yadi Sembako Dilaporkan ke Polres Tangsel
12 Orang Pemeran Film Dewasa Jalani Pemeriksaan Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya
Kasus Produksi Film Dewasa, Besok 16 Orang Pemeran Pria dan Wanita akan Jalani Pemeriksaan Polisi
Kenapa Banyak Artis Korea Enggak Punya Media Sosial?
Rekomendasi Film Bisnis untuk Temani Weekend Kamu!
Alan Walker Rilis “Hero” Jelang Tampil Di Formula E 2023
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru