Pelestarian Budaya Lewat Teknologi Digital | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Jumat, 31 Maret 2023 - 12:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Sri Paduka Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo

KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA (KGPAA) MANGKUNEGARA X SAMPAIKAN KULIAH TENTANG KELESTARIAN BUDAYA LEWAT TEKNOLOGI DIGITAL DI VOKASI UI

Sri Paduka Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo dari Mangkunegaran Surakarta, menyampaikan kuliah di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) dengan tema “Bangga Menjadi Indonesia”. Pada kesempatan tersebut, Sri Paduka Mangkunegara X menyampaikan bahwa terdapat banyak hal yang dilakukan di Mangkunegaran Solo untuk mengajak generasi muda ikut serta berpartisipasi menjaga kelestarian budaya Indonesia.

Perkembangan teknologi digital saat ini memudahkan Mangkunegaran melakukan penyelarasan misi budaya yang dijalankan Mangkunegaran agar lebih atraktif bagi generasi muda dalam mengenali budaya, khususnya budaya Jawa. “Kami menjadikannya sebuah kesempatan yang harus dimaksimalisasi,” ujar Sri Paduka yang juga merupakan alumni Fakultas Hukum UI (FHUI), pada Senin (27/3).

Menurut Sri Paduka Mangkunegara X, kehadiran digitalisasi mempermudah akses branding bagi Pura Mangkunegaran dalam menyebarluaskan adat dan budaya Jawa. Dampak digitalisasi tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah wisatawan yang mencapai 300-400 orang di hari biasa, serta lebih dari 1.000 orang saat musim liburan.

Selain itu, beberapa program pun diselenggarakan untuk mengajak generasi muda mengenal budaya, seperti acara musik, olahraga, bahkan karya seni yang pengemasannya disesuaikan dengan selera generasi muda. “Kami mencoba untuk mengenalkan mereka dengan Mangkunegaran, sampai akhirnya mereka tertarik belajar dan memiliki antusiasme dengan budaya,” ujar Sri Paduka Mangkunegara X.

Pura Mangkunegaran termasuk dalam destinasi pariwisata yang sering dikunjungi masyarakat. Selain karena peninggalan heritage yang dimilikinya, dilakukan pula beberapa revitalisasi di sana. Antara lain, Taman Pracima atau Pracima Tuin yang berada di Kompleks Pura Mangkunegara, Solo, yang diresmikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Sri Paduka mengatakan, peran Pura Mangkunegaran tidak hanya untuk menyebarluaskan budaya saja, melainkan juga bekerja sama dengan berbagai bidang keilmuan untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju. Hal terpenting dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara adalah terus berkembang tanpa melupakan akar atau fondasi yang sesuai dengan nilai kebangsaan Indonesia. Salah satunya adalah implementasi nilai Pancasila yang perlu diterapkan oleh generasi muda. Pancasila merupakan fondasi dari segala kehidupan berbangsa untuk masyarakat Indonesia. Hal lainnya yang terpenting adalah terus berdampak positif bagi orang lain.

Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Vokasi UI, Deni Danial Kesa, MBA., Ph.D, dalam sambutannya mewakili dekan, mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum tersebut ditujukan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa Vokasi UI dan generasi muda, untuk bangga menjadi bangsa Indonesia. “Kami berharap agar kehadiran Sri Paduka Mangkunegara X ini dapat menjadi langkah awal bagi Vokasi UI untuk membangun kerja sama dengan Mangkunegaran di bidang pendidikan,” ujar Deni terkait acara yang diinisiasi oleh Departemen Administrasi Bisnis dan Terapan ini.

Artikel Pelestarian Budaya Lewat Teknologi Digital pertama kali tampil pada Universitas Indonesia.

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru