Pencopotan Endar dari KPK, Jokowi: Jangan Bikin Gaduh, Ikuti Aturan

Avatar photo

- Editor

Rabu, 5 April 2023 - 13:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]


Bekas Direktur Penyelidikan Endar Priantoro usai membuat aduan ke Dewas KPK di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (04/04/23). (Antara/Muhammad Adimaja)

HalloKampus.com, Jakarta– Presiden Joko Widodo meminta agar proses pencopotan Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi KPK dilakukan sesuai aturan. Kepala Negara tak ingin pencopotan itu justru membuat gaduh.

“Di setiap institusi kita harus tahu ya, itu ada mekanismenya, ada aturan-aturan SOP-nya ada semuanya. Jadi ikuti itu saja. Dan kita harapkan jangan sampai mutasi atau perpindahan itu membuat kegaduhan. Semua itu ada aturannya kok. Dilihat saja di mekanisme aturannya seperti apa,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Rawamangun Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Sebelumnya, KPK mencopot Endar yang masa tugasnya berakhir pada 31 Maret 2023. Kapolri Listyo Sigit Prabowo lalu menyurati Ketua KPK Firli Bahuri untuk tetap menugaskan Endar sebagai Direktur Penyelidikan di KPK. Surat tertanggal 3 April itu merupakan jawaban atas pengembalian anggota Polri di lingkungan KPK.

 Baca juga: 

Sebelumnya  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperpanjang penugasan Brigjen Endar Priantoro di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Melalui  surat bernomor: B/2471/llI/KEP./2023  tertanggal 29 Maret 2023 ini, Listyo  menjawab surat rekomendasi dari Ketua KPK Firli Bahuri Cs pada 11 November 2022 yang merekomendasikan Deputi Penindakan Karyoto dan Endar untuk ditarik, lalu mendapat promosi jabatan.

Melalui suratnya Kapolri mengatakan karena  keterbatasan ruang jabatan di lingkungan Polri,  dari hasil Sidang Dewan Pertimbangan Karier diputuskan  Brigjen Pol Endar Prianto SH., S.I.K., MSi tetap melaksanakan penugasan sebagai Direktur Penyelidikan KPK. 

Listyo lantas  mengeluarkan Surat Perintah Nomor: Sprin/904/lll/KEP./2023 yang  memerintahkan Endar untuk melaksanakan perpanjangan penugasan kedua sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Namun, KPK bersikeras mengembalikan Endar dengan menerbitkan surat pemberhentian untuk Endar pada 31 Maret 2023.  Hingga kemudian  Kapolri kembali mengirimkan surat ke KPK pada Senin, 3 April 2023 yang  menegaskan bahwa Endar tetap ditugaskan di KPK.

Brigadir Jenderal Endar Priantoro pada Selasa (04/04) lantas melaporkan Ketua  KPK Firli Bahuri dan Sekjen KPK Cahya Harefa ke Dewan Pengawas KPK. Laporan dilakukan  terkait dugaan pelanggaran etik karena memecatnya dari jabatan direktur penyelidikan.

 

Editor: Rony Sitanggang

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru