Selama Ramadan, Masjid Al Hikmah Universitas Jember Siapkan Takjil Gratis – Universitas Jember | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Rabu, 5 April 2023 - 07:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Jember, 4 April 2023
Masjid Al Hikmah Universitas Jember menjadi pusat syiar Islam di kampus Tegalboto. Kuantitas dan kualitas kegiatannya pun makin meningkat di bulan Ramadan. Salah satunya dengan menyajikan takjil gratis setiap sorenya. Menurut Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Muslim, Taklim dan Khidmah (UKM Mustika), Ilham Maulana, setiap sorenya dirinya dan kolega menyiapkan 250 hingga 300 porsi takjil dan makan. Dan setiap sorenya takjil sejumlah itu ludes diserbu mahasiswa dan warga yang kebetulan melaksanakan sholat maghrib di Masjid Al Hikmah.

Suasana pembagian takjil gratis di Masjid Al Hikmah UNEJ

Ilham Maulana menambahkan, penyediaan buka puasa menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam rangkaian Semarak Ramadan 1444 Hijriah. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Akumulasi dan Distribusi Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ADZIS), Mauidhoh Ba’da Dzuhur Al Hikmah (Mawaddah) setiap usai sholat dzuhur, Kajian Ramadan Al Hikmah (Karomah) setiap sore dengan tema beragam, pengajian setiap hari Jumat pagi bersama Keluarga Besar Universitas Jember dan kegiatan lainnya, selain tentunya kegiatan ibadah rutin seperti tarawih, iktikaf dan ibadah lainnya.

Suasana pembagian takjil gratis di Masjid Al Hikmah UNEJ

“Khusus untuk penyediaan buka puasa gratis, untuk takjil kami dari UKM Mustika yang membuat. Kami berusaha menyajikan sendiri takjil yang variatif mulai dari kurma, es hingga jajanan lainnya. Sementara untuk makan kami memesan di warung yang ada di sekitar kampus mengingat keterbatasan tenaga untuk memasak. Untuk memudahkan pembagian takjil, kami membagi kupon takjil gratis di saat acara Karomah berjalan,” jelas Ilham Maulana, mahasiswa yang kuliah di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember.

Kegiatan Mawaddah, kuliah tujuh m,enit ba’da sholat dzuhur

Dana yang digunakan untuk menyediakan takjil dan makanan diperoleh dari kas masjid serta sumbangan donatur termasuk dari mereka yang menyerahkan shodaqoh melalui kegiatan ADZIS. Beberapa donatur juga menyerahkan bantuan langsung dalam bentuk takjil dan makanan. Oleh karena itu UKM Mustika dan Takmir Masjid Al Hikmah selalu membuka kesempatan bagi para dermawan yang akan menyalurkan bantuannya.

Takjil gratis yang diberikan oleh UKM Mustika di Masjid Al Hikmah mendapatkan apresiasi, seperti yang disampaikan oleh Fikar. Siswa SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Tempurejo Jember yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Fakultas Teknik, Universitas Jember. Menurutnya, takjil dan makanan yang disajikan di Masjid Al Hikmah sangat membantu dirinya dan kawan-kawan yang jauh dari rumah seperti juga rekan mahasiswa lainnya. “Menu makanannya juga beragam, pokoknya sangat membantu keuangan kami lah,” kata Fikar sambil tertawa. (andrie/iim)

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

Pemuda Indonesia Berburu Sejarah Lewat Konten Video di ‘Historical Hunt of Indonesia

Jumat, 22 September 2023 - 18:01 WIB

Merajut Kesatuan: Nahdlatul Aulia Gelar Istighotsah untuk Keselamatan NKRI

Senin, 31 Juli 2023 - 11:12 WIB

Babak Belur Dihakimi Massa, 2 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor yang Bawa Senjata Api Rakitan

Berita Terbaru