Seleksi UM-PTKIN Dibuka, UIN Jakarta Tawarkan 30 Prodi | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Senin, 10 April 2023 - 21:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Jalur Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN resmi dibuka hari ini, Senin 10 April 2023. Siswa peminat kuliah di UIN Jakarta bisa memilih program studi dari total 30 program studi (Prodi) yang ditawarkan di jalur ini.

Dalam informasi resmi yang dirilis Panitia SPAN-UMPTKIN 2023, pendaftaran UM-PTKIN dimulai hari ini 10 April hingga 15 Mei 2023 mendatang. Para siswa peminat bisa mendaftar secara daring di laman resmi UMPTKIN. “Pendaftaran dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id/,” sebut keterangan panitia dirilis BERITA UIN Online, Senin (10/4/2023).

Siswa pendaftar jalur ini harus tercatat sebagai siswa pada satuan pendidikan jenjang SMA/MA/SMK/Pesantren sederajat yang lulus tiga tahun terakhir atau 2021-2023. Ini dibuktikan dengan ijazah bagi lulusan dua tahun terakhir atau minimal memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL), pengumuman lulus, KTP, atau Kartu Siswa.

Selain itu, siswa pendaftar jalur ini wajib memiliki NISN, email aktif, dan nomor WhatsApp yang dapat dihubungi. Sedang pembayaran biaya pendaftaran dilakukan melalui bank yang ditetapkan Panitia Nasional (Bank Mandiri).

Siswa pendaftar sendiri bisa memilih maksimal tiga program studi pada PTKIN tujuan. Proses pendaftaran dinyatakan selesai ketika peserta melakukan finalisasi pendaftarannya.

Diketahui, masa pendaftaran UM-PTKIN sendiri berlangsung sepanjang 10 April-15 Mei 2023. Sedang finalisasi pendaftaran bisa dilakukan sejak hari pertama pendaftaran yaitu 10 April-16 Mei, atau satu hari setelah masa pendaftaran ditutup.

Pencetakan kartu peserta ujian SSE UM-PTKIN dilakukan pada 29 April, sedang pelaksanaan ujian SSE-UMPTKN sendiri berlangsung sejak 29 Mei-8 Juni 2023. Adapun pengumuman kelulusan dijadwalkan pada 23 Juni 2023.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan UM-PTKIN 2023 ini dilaksanakan langsung di PTKIN/PTN yang dipilih peserta. “Pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN tercantum pada masing-masing Kartu Peserta Ujian dan dapat dilaksanakan pada PTKIN/PTN titik lokasi ujian yang dipilih oleh peserta,” sebut keterangan panitia pusat.

UIN Jakarta Tawarkan 30 Prodi

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Tholabi, S.Ag., S.H., M.H., M.A. mengungkapkan UIN Jakarta tahun ini menawarkan 30 prodi melalui jalur UM-PTKIN. “Ada 30 prodi yang kita tawarkan kepada para siswa pendaftar di jalur UM-PTKIN ini,” ungkapnya.

Sedang untuk kuotanya, UIN Jakarta menargetkan bisa menjaring 1.436 mahasiswa baru melalui jalur UM-PTKIN ini. Sedang 30 prodi yang ditawarkan berasal dari berbagai fakultas.

Diantaranya Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Biologi, Tadris Fisika, Manajemen Pendidikan, Tadris Bahasa Indonesia, Tadris IPS, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Seluruh prodi berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Lalu, Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, dan Tarjamah di Fakultas Adab dan Humaniora. Selanjutnya, Prodi Studi Agama-Agama, Ilmu Alqur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Aqidah dan Filsafat Islam, dan Ilmu Tasawuf di Fakultas Ushuluddin.

Untuk Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Jakarta menawarkan prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah), Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), dan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). Selanjutnya untuk Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi ditawarkan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam.

Selanjutnya ditawarkan juga Prodi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terakhir ditawarkan Prodi Dirasat Islamiyah untuk Fakultas Dirasat Islamiyah.

“Bagi para siswa yang berminat kuliah di UIN Jakarta, silahkan ikuti jalur seleksi ini dan daftar melalui laman pendaftaran yang sudah disediakan panitia. Mudah-mudahan ini jadi jembatan Anda dalam meraih sukses dengan menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas,” pungkasnya. (mf/zm)

Views: 39

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru