Sigit Bayu Cahyanto Raih Juara Mahasiswa Berprestasi 1 Diploma UGM 2023 – Sekolah Vokasi UGM | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Senin, 10 April 2023 - 15:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Mahasiswa Program Diploma Teknologi Rekayasa Internet dari DTEDI SV UGM, Sigit Bayu Cahyanto, berhasil meraih predikat Mahasiswa Berprestasi (Mapres) 1 Diploma UGM 2023 pada 1 April 2023 setelah melewati proses penjurian Mapres 2023 di Fakultas Hukum UGM. Sigit berhasil mengungguli dua rekan finalis Mapres dari Sekolah Vokasi UGM lainnya, yaitu Happy Nasyiduna Setyono dari Prodi Akuntansi Sektor Publik 2020 dan Muhammad Zaki Ramadhan dari prodi Perbankan 2021. Predikat Mapres merupakan predikat untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang sangat baik dengan rata-rata nilai yang tinggi, serta memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan non-akademik seperti organisasi, kegiatan sosial, olahraga, atau seni dan budaya. Selain itu, mahasiswa berprestasi 1 Diploma UGM juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan mampu berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, baik secara lisan maupun tertulis. Kualifikasi lain untuk Mapres  antara lain memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk inovatif yang berguna, seperti karya tulis, desain grafis, atau video, dan membangun portofolio yang komprehensif. Mahasiswa yang meraih predikat ini mampu mengembangkan ide-ide yang kreatif dan unik, serta mengimplementasikan ide-ide tersebut menjadi produk yang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

Sigit menceritakan  pengalamannya  hingga ia berhasil  mendapat predikat Mahasiswa Berprestasi 1 Diploma UGM yang diawali dengan menetapkan tujuan yang jelas. Sigit selalu menetapkan tujuan yang jelas untuk dirinya sendiri, seperti mendapatkan IPK yang tinggi, aktif dalam organisasi kemahasiswaan, dan berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Selain itu, ia juga selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas belajarnya, seperti belajar dengan serius, rajin, serta konsisten. Sigit juga  mencari informasi tambahan dan membaca buku-buku referensi yang berkaitan dengan bidang studinya. Selanjutnya, portofolio yang baik juga sangat berpengaruh menurut Sigit, seperti mendapatkan pengalaman kerja atau magang di bidang yang ia minati, mengikuti program kreativitas mahasiswa, dan mengikuti seminar dan workshop.

Selain membuat portofolio yang baik, Sigit menekankan pentingnya  meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dengan rajin berlatih dan belajar melalui media digital dan juga dengan mengikuti program-program bahasa Inggris yang tersedia. Berpartisipasi aktif dalam organisasi kemahasiswaan juga bisa dilakukan dengan mencari yang sesuai dengan minat dan bakat, serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi tersebut sehingga bisa membangun jaringan dan hubungan sosial dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama, baik dengan sesama mahasiswa maupun dengan dosen dan profesional di bidang yang diminati. Satu hal yang digarisbawahi oleh Sigit, bahwa menjaga keseimbangan antara akademik dan non-akademik juga penting dilakukan karena akan membantu kita  memiliki kehidupan yang seimbang dan berkualitas, serta tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mental.

Motivasi Sigit untuk mendapatkan prestasi ini adalah karena menurutnya keberhasilan hanya dapat dicapai dengan kerja keras dan tekad yang kuat. Semangat juangnya itu terinspirasi dari ibu dan neneknya yang juga seorang pekerja keras. Menjadi mahasiswa berprestasi adalah cita-citanya yang paling tinggi karena ia yakin bahwa dengan gelar tersebut akan membantunya membuka banyak peluang untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat sekitar.

Kesan Sigit ketika mendapatkan prestasi tersebut adalah rasa bangga karena telah berhasil meraih prestasi yang luar biasa. Prestasi tersebut menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan dan kualitas yang diakui oleh universitas terkemuka di Indonesia. Selain itu, prestasi tersebut juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri secara lebih luas, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Sigit berpesan bahwa yang dapat diambil dari pengalaman ini adalah pentingnya tekad, kerja keras, dan konsistensi dalam meraih prestasi. 

Shafira Ramadhina Putri

Editor: Humas SV UGM

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru