Tingkatkan Kualitas, Warek Kerjasama Ajak Tim Humas UIN Jakarta Belajar ke UI | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Senin, 17 April 2023 - 14:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Depok, BERITA UIN Online— UIN Jakarta berkomitmen meningkatkan kualitas kehumasan sebagai salah garda terdepan komunikasi universitas dengan para stakeholder. Peningkatan kualitas salahsatunya dengan belajar ke perguruan tinggi mitra dengan fungsi kehumasan sangat baik.

Dalam rangka itu, dipimpin Wakil Rektor (Warek) Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Din Wahid Ph.D, Koordinator Muhammad Furqon MA dan para staf Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta diajak melakukan Benchmarking Kehumasan ke Universitas Indonesia (UI) di Depok. Kunjungan dilakukan pada Senin ini (17/4/2023).

Kunjungan benchmarking sendiri diterima langsung Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati M.Sc., Ph.D. Turut menyambut para pimpinan di Biro Humas & KIP UI seperti Kepala Bagian UITeve, Kepala Bagian Hubungan Kemitraan dan Hospitality, Kepala Bagian Publikasi dan Informasi, dan Kepala Bagian Unit Layanan Terpadu.

Dalam sambutannya, Warek Din Wahid mengungkapkan komitmen UIN Jakarta dalam meningkatkan kualitas kehumasan sebagai aspek penting dalam proses komunikasi UIN Jakarta dan kalangan stakeholder. “Dan, kami memilih Universitas Indonesia sebagai sasaran benchmarking kehumasan paling pertama,” katanya.

Menurutnya, pemilihan Universitas Indonesia sebagai sasaran benchmarking didasarkan pada keseriusan pimpinan dan manajemen perguruan tinggi ini dalam membangun komunikasi internal dan eksternalnya. Dengan begitu, UIN Jakarta berharap bisa mencontoh strategi terbaik kehumasan Universitas Indonesia.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Agustin mengungkapkan, pihaknya menempatkan kehumasan sebagai salah satu pilar penting dalam proses komunikasi pimpinan dan sivitas universitas dengan kalangan stakeholder. Terlebih, sebagai perguruan tinggi negeri, UI juga dituntut menerapkan prinsip keterbukaan informasi publik.

Karena peran penting humas, sambungnya, UI menetapkan fungsi kehumasan dalam organisasi Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik di bawah koordinasi langsung Sekretaris Universitas. Dengan begitu komunikasi pimpinan dengan sivitas akademik maupun para stakeholder lebih efisien.

Selain itu, UI sendiri menerapkan sejumlah fungsi strategis humas sebagai peningkatan citra lembaga, penyediaan eviden, promosi dan sosialisasi, dan saluran mencerdaskan bangsa. “Humas berperan membangun reputasi lembaga, selain tingkat nasional, juga internasional,” tuturnya.

Sebagai saluran mencerdaskan bangsa, humas jadi pihak terdepan dalam melawan hoax seperti banyak dilakukan pada masa pandemi Covid 19 lalu. Humas menjadi agen dalam penyampaian informasi tentang Covid 19 kepada publik dari hasil telaah akademik. “Tentu juga pada banyak kasus-kasus lain di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Lebih jauh, Sekretaris Agustin menyoroti pentingnya kesadaran seluruh elemen pimpinan dan sivitas akan fungsi kehumasan. Ini terutama dibutuhkan dalam membangun citra positif dan komunikasi lembaga kepada publik lebih luas.

Selain paparan dan tanya jawab antar tim humas UIN Jakarta dan UI, kunjungan juga dilakukan dengan melihat  tata letak ruang ruang kerja kehumasan UI. Warek Din Wahid menilai paparan dan tanya jawab antara kedua belah pihak dan melihat secara langsung proses kerja kehumasan UI memberikan pengetahuan dan pengalaman terbaik untuk juga diterapkan di UIN Jakarta. (mf/zm)

Views: 100

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru