Universitas Jember Jajagi Kerjasama Dengan PT. Syngenta Indonesia – Universitas Jember | Hallo Kampus

Avatar photo

- Editor

Jumat, 5 Mei 2023 - 22:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Jember, 5 Mei 2023
Universitas Jember menjajagi kerjasama dengan salah satu perusahaan benih terbesar di Indonesia, yakni PT. Syngenta Indonesia. Pertemuan awal dalam rangka membangun kerjasama ini dilakukan oleh Brand and Digital Marketing Manager PT. Syngenta Indonesia, Imam Sujono, dengan Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, di aula lantai 2 gedung rektorat dr. R. Achmad Kampus Tegalboto (4/5). Salah satu kesepakatan yang dicapai adalah kedua belah pihak setuju menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan Agustus 2023 nanti.

Plt Kepala UPT Laboratorium Terpadu-CDAST, Prof. Bambang Sugiharto (kedua dari kanan) menjelaskan fasilitas laboratorium CDAST kepada perwakilan PT Syngenta

Tidak hanya sekedar menandatangani MoU, pada bulan Agustus 2023 juga akan digelar seminar, pelatihan dan demonstrasi demplot penanaman benih jagung produksi PT. Syngenta Indonesia di lahan percobaan milik Universitas Jember di daerah Jubung kecamatan Sukorambi. Menurut Brand and Digital Marketing Manager PT. Syngenta Indonesia, pemilihan Universitas Jember sebagai mitra kerjasama didasarkan pada reputasi Universitas Jember sebagai perguruan tinggi yang memiliki rekam jejak perguruan tinggi bioteknologi khususnya di bidang pertanian dan perkebunan.

“Kami di PT. Syngenta Indonesia saat ini tengah mengembangkan empat benih jagung unggulan terbaru dengan metode bioteknologi. Benih tersebut dikembangkan dan diproduksi di pabrik kami di Pasuruan yang merupakan pabrik pembenihan terbesar di Asia Pasifik. Kami menargetkan mampu memproduksi 20 ribu ton benih guna memenuhi pasar Asia Tenggara seperti ekspor ke Thailand, Vietnam, Filipina dan untuk pasar dalam negeri. Tentu saja untuk memenuhi target tersebut kami membutuhkan mitra seperti Universitas Jember yang sudah terbukti memiliki peneliti dan produksi pertanian melalui metode bioteknologi,” ungkap Imam Sujono yang lulusan Fakultas Pertanian Universitas Jember tahun 1997 ini.

 

Tawaran kerjasama ini disanggupi oleh Rektor Universitas Jember. Menurutnya kesempatan ini menjadi peluang membuktikan kemampuan peneliti di Universitas Jember yang semenjak tahun 2018 lalu dijadikan sebagai perguruan tinggi pengembang bioteknologi oleh Kemendikbudristek khususnya di bidang pertanian, perkebunan dan kesehatan. Apalagi Universitas Jember memiliki Center for Development of Advanced Scince and Technology (CDAST) yang sudah memproduksi tebu tahan kering dan tebu rendemen tinggi, juga Pusat Unggulan Ipteks Bioteknologi Tanaman Industri.

Pertemuan antara UNEJ dengan PT Syngenta Indonesia

“Tawaran kerjasama ini kami sambut dengan baik, pasalnya sudah sesuai dengan visi dan misi Universitas Jember yang bertekad memajukan pertanian dan perkebunan industrial. Benih kerjasama ini saya harapkan juga akan berkembang ke bidang lain mengingat di era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka maka dosen dan mahasiswa diberi kesempatan seluas-luasnya belajar di luar kampus semisal magang, penelitian bersama dan kegiatan akademis lainnya. Sementara para praktisi di PT. Syngenta juga bisa menyebarluaskan pengalamannya kepada kami di kampus,” kata Iwan Taruna.

Brand and Digital Marketing Manager PT. Syngenta Indonesia, Imam Sujono, menyerahkan cindera mata kepada Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Wakil Rektor III, Prof. Bambang Kuswandi. Hadir dalam diskusi ini Wakil Rektor I, Prof. Slamin, Plt kepala UPT Laboratorium Terpadu Prof. Bambang Sugiharto, Kepala Laboratorium Layanan CDAST, Tri Handoyo dan peserta lainnya. Sementara dari PT. Syngenta Indonesia menghadirkan Seed Sustainibility Manager, Retha Dotulong, ID Biotech Corn and Rice Seed Lead, Tiara dan lainnya. Seusai melkukan pertemuan, rombongan PT. Syngenta melakukan kunjungan ke laboratorium CDAST dan lahan percobaan Universitas Jember di daerah Jubung. (iim)

[ad_2]

Berita Terkait

FOMO dan Bahaya Narkoba: Materi Penyuluhan dari YR KOBRA JATIM
Muda-Mudi Fest Bekasi 2023: Festival Musik yang Wajib Kamu Saksikan!
Elit Politik PDI Perjuangan akan Berkunjung ke Kantor DPP PAN Sebagai Tindak Lanjut Pertemuan Politik Antar Partai
Tingkatkan Atmosfer Akademik, ITB Laksanakan Program TPB di Kampus Jatinangor | Hallo Kampus
Cita-Cita Naik Haji? Nabung sejak Dini!
17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB | Hallo Kampus
FOMO Sapiens : Dari Met Gala Hingga Perkara Kebebasan Pers
Presenter Berita Virtual AI Hadir di Tanah Air, Masyarakat Siap?
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 10 Mei 2024 - 23:50 WIB

Gelar Adat “Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri” untuk Wamenaker RI

Selasa, 26 Maret 2024 - 15:16 WIB

Jasasiaranpers.com dan Sapu Langit Media Center Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo – Gibran

Senin, 18 Maret 2024 - 15:48 WIB

Sebanyak 6 Tanggul Sungai Wulan Jebol, Akibatkan 11 Kecamatan di Kabupaten Demak Terendam Banjir

Senin, 18 Maret 2024 - 11:08 WIB

BNPB Sebut Dipengaruhi oleh Fenomena Land Subsidence, Banjir di Kota Semarang Surutnya Lebih Lama

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:04 WIB

Penyelidikan Kasus Korupsi Komoditas Timah Terus Berlanjut, Kejagung Periksa 5 Orang Saksi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:46 WIB

Listyo Sigit Prabowo Berì Tanggapan Soal Pernyataa TPN Ganjar-Mahfud Soal Kapolda Jadi Saksi di MK

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:14 WIB

Bahas Upaya Kolaborasi di Bidang Pertahanan, Prabowo Subianto Terima Kunjungan Dubes AS untuk ASEAN

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:28 WIB

Caleg DPR RI SDP Menjadi Tersangka, Videonya Sempat Viral Saat Bagi-bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Berita Terbaru